Pembiasaan Tadarus Al-Qur’an Pagi dalam Menanamkan Nilai Karakter pada Peserta Didik di SMA Negeri 2 Temanggung

Keywords: Pembiasaan, Nilai Karakter, Tadarus Al-Qur’an

Abstract

Latar belakang masalah dari penelitian ini adalah karakter remaja yang jauh dari idealitas yang seharusnya. Kemerosotan moral ini diperjelas dengan adanya kasus-kasus yang terjadi di Kabupaten Temanggung. Sehingga perlu ditanamkan nilai karakter sebelum semakin rusak. Jenis penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan fenomonologi. Prosedur pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh berupa data primer dan observasi langsung penulis. Data sekunder berupa arsip-arsip dan foto dokumentasi kegiatan di SMA Negeri 2 Temanggung. Bedasarkan analisis data hasil penelitian adalah pertama, pembiasaan dilasanakan selama 15 menit pertama sebelum KBM berlangsung, materi yang dibaca selain Al-Qur’an adalah Asmaul Husna dan surah-surah pilihan, metode membaca disesuaikan dengan kemampuan peserta didik dan terdapat tiga strategi yang diterapkan dalam proses pembiasaan tadarus Al-Qur’an yaitu melakukan penyesuaian, pengawasan dan pendampingan dari guru dan memberikan keteladanan dan pendekatan individu. Kedua, terdapat tiga nilai karakter dalam pembiasaan tadarus Al-Qur’an yaitu karakter religius, karakter tanggung jawab dan karakter disiplin. Ketiga, terdapat faktor pendukung dan penghambat dalam pembiasaan tadarus Al-Qur’an.

Published
2023-12-31
How to Cite
Musyarifah, U., Ifadah, L., & Azizah, A. (2023). Pembiasaan Tadarus Al-Qur’an Pagi dalam Menanamkan Nilai Karakter pada Peserta Didik di SMA Negeri 2 Temanggung. ASNA: Jurnal Kependidikan Islam Dan Keagamaan, 5(2), 1-10. Retrieved from https://ejournal.maarifnujateng.or.id/index.php/asna/article/view/113