Peningkatan Profesionalisme Guru dalam Mengembangkan RPP di MI Al Ma’arif Kupen
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keprofesionalan guru dalam mengembangkan RPP di MI Al Ma’arif Kupen melalui pembinaan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Sekolah (Institutional Action Research) dengan 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian sebanyak 6 guru kelas di MI Al Ma’arif Kupen pada tahun ajaran 2020. Teknik pengumpulan data dengan kegiatan observasi, dokumentasi dan wawancara. Dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti bahwa keprofesionalan guru di MI Al Ma’arif Kupen dapat dikategorikan meningkat dalam mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran setelah diadakan tindakan pembinaan oleh kepala sekolah. Diketahui bahwa sebelum diadakan tindakan secara keseluruhan guru mendapatkan persentase sebesar 60,08 %, hal ini menunjukkan bahwa keprofesionalan guru dalam mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) masih rendah. Setelah diadakan tindakan, kemampuan guru dalam mengembangkan RPP mengalami peningkatan dengan persentase skor sebanyak 71,4%.