KONSUMERISME PADA SANTRI DI ERA DIGITAL

  • A’yunis Suadah Hidayat Universitas Ivet Semarang
  • Mohammad Zainudin Aklis Universitas Ivet
  • Alin Nuril Asyifin Universitas Ivet Semarang

Abstract

Perubahan sosial ekonomi dan globalisasi telah mengubah pola budaya konsumsi masyarakat, termasuk dikalangan santri. Fenomena konsumerisme yang berkembang saat ini menunjukkan bahwa santri yang sehahrusnya menjalani hidup sederhana dan zuhud, justru terjebak dalam perilaku konsumtif. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumtif santri. Dampak dari perilaku konsumtif ini, yaitu penurunan penerapan nilai-nilai kesederhanaan dan zuhud, yang seharusnya menjadi karakteristik kehidupan santri. Konsumerisme dapat mengarah pada perilaku boros dan melanggar prinsip-prinsip Islam, sehingga perlu kesadaran dan pendidikan yang lebih baik untuk mengatasinya.

Published
2024-12-30
How to Cite
Hidayat, A., Aklis, M., & Asyifin, A. (2024). KONSUMERISME PADA SANTRI DI ERA DIGITAL. ASNA: Jurnal Kependidikan Islam Dan Keagamaan, 6(2), 1-8. Retrieved from https://ejournal.maarifnujateng.or.id/index.php/asna/article/view/518