Pendidikan Karakter di Madrasah berbasis Pendidikan Inklusi

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya penurunan karakter, peran keluarga dan madrasah dalam pembentukan pendidikan karakter serta penerapan pendidikan karakter di madrasah Inklusi. Tujuan Penelitian ini adalah menganalisis dan mendeskripiskan peran keluarga dan madrasah dalam pembentukan karakter siswa di madrasah Inklusi, serta menganalisis dan mendeskripsikan penerapan pendidikan karakter di madrasah inklusi. Metode penelitian ini menggunakanpendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan teknik dengan menelaah seluruh data, reduksi data, menyusun dalam satuan-satun, mengkategorisasi pemeriksaan keabsahan data dan penafsiran data. Hasil penelitian dilapangan menjukkan peran keluarga dan sekolah memiliki persamaan yaitu memberikan pengajaran dan penanaman karakter baik seperti keagamaan, sosialisai, disiplin, tanggungjawab, dan sebagainya. Yang membedakan, madrasah mempunyai peran tambahan seperti visi-misi dan beberapa program di madrasah. Selain itu, hasil penelitiannya adalah penerapan karakter di MI Keji lebih condong terhadap pada penerapan pendidikan karakter keagamaan, toleransi, menghargai prestasi, dan bersahabat atau komunikasi yang dalam penerapannya banyak dipengaruhi oleh pembiasaan.

Published
2023-12-31
How to Cite
Aklis, M. (2023). Pendidikan Karakter di Madrasah berbasis Pendidikan Inklusi. ASNA: Jurnal Kependidikan Islam Dan Keagamaan, 5(2), 11-19. Retrieved from https://ejournal.maarifnujateng.or.id/index.php/asna/article/view/119