Gerakan Literasi “Gajah Keris” dalam Konteks Merdeka Belajar di SDN Gajahmungkur 03 Kota Semarang

Keywords: Gerakan Literasi, Gajah Keris, Merdeka Belajar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tahapan pelaksanaan Gajah Keris di SDN Gajahmungkur 03 Kota Semarang dalam konteks Merdeka Belajar serta mengetahui well-being yang berdampak pada peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif fenomenologis deskriptif. Dari hasil penelitian diketahui bahwa Program Gajah Keris dilaksanakan melalui tahap planning, organizing, actuating, dan controlling. Kegiatan ini mampu memberikan dampak positif pada upaya mewujudkan merdeka belajar di SDN Gajahmungkur 03 Kota Semarang. Penelitian berikutnya perlu dilakukan untuk mengungkap fenomena lebih mendalam tentang penerapan gerakan literasi dalam bentuk lain.

Author Biography

Dian Marta Wijayanti, SD Negeri Gajahmungkur 03 Kota Semarang

Dian Marta Wijayanti adalah guru, kepala sekolah berprestasi nasional, penulis, dan aktivis literasi yang berkiprah sejak saat mahasiswa. Namanya dikenal karena Dian merupakan PNS termuda Kota Semarang tahun 2013 dan kepala sekolah dasar termuda di Kota Semarang tahun 2022. Meski baru menjabat sebagai kepala sekolah muda, Dian mendapat penghargaan dari Wali Kota Semarang sebagai Juara I Kepala Sekolah Dasar Berprestasi tahun 2023, dan dinobatkan sebagai Kepala Sekolah Inspiratif oleh Tribun Jateng dan Tanoto Foundation tahun 2023. Dian Marta Wijayanti adalah Kepala Sekolah Berprestasi Kota Semarang tahun 2023. Ia adalah lulusan S1 PGSD UNNES (2013), S2 Pendidikan Dasar Pascasarjana UNNES (2020), dan kini sedang menempuh S3 Manajemen Kependidikan Pascasarjana UNNES (2023-sekarang).

Published
2023-12-31
How to Cite
Wijayanti, D. (2023). Gerakan Literasi “Gajah Keris” dalam Konteks Merdeka Belajar di SDN Gajahmungkur 03 Kota Semarang. ASNA: Jurnal Kependidikan Islam Dan Keagamaan, 5(2), 39-50. Retrieved from https://ejournal.maarifnujateng.or.id/index.php/asna/article/view/126