Analisis Kesulitan Siswa dalam Membaca Permulaan di Kelas 1 MI Ma’arif Manbaul Huda Purwodadi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan belajar membaca permulaan di Kelas 1 Sekolah Dasar atau Madrasah Ibdaiyah. Dalam melakukan penelitian, metode yang digunakan adalah metode kualitadif, dengan pendekatan study kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi di kelas 1D MI Manbaul Huda dan melalui wawancara dengan guru kelas 1D. Hasil menunjukkan bahwa kesulitan yang dialami anak 1D dalam membaca permulaan yaitu : (1) belum mampu mengenal huruf abjad, (2) belum bisa membaca huruf berakhiran konsonan (huruf mati), (3) sulit membaca susunan kata yang terdapat huruf gabungan “ng”,”ngg”,”ny”, (4) mampu membaca dengan lancar namun belum bisa memahami makna dari kata yang dibaca. Dari jenis-jenis kesulitan tersebut, guru melakukan upaya berupa bimbingan khusus belajar membaca kepada siswa. Bimbingan orang tua di rumah pun sangat berpengaruh terhadap pencpaian hasil belajar siswa. Hal tersebut diharapkan dapat membantu siswa agar lebih bisa memahami pembelajaran yang disampaikan.