Pemahaman Guru tentang Nilai-Nilai Karakter Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Sekolah Dasar

  • Heni Suryani SD N 2 Sarirejo Korwilcam Bidang Pendidikan Kecamatan Kaliwungu
Keywords: nilai-nilai karakter, Pendidikan Jasmani.

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Rancangan penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Populasi penelitian adalah 20 guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Sekolah Dasar di Kecamatan Kaliwungu dengan sampel 6 guru yang diambil dengan teknik Cluster Random Sampling. Instrumen yang digunakan berupa panduan wawancara dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan hal-hal sebagai berikut (1) kompetensi pedagogik guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan  Pembelajaran berwawasan karakter belum terencana dengan baik; (2) pemahaman guru terkait dengan pembelajaran karakter kepada siswa cukup baik; (3) gambaran muatan pendidikan karakter dalam pembelajaran praktik pendidikan jasmani belum jelas; (4) pola nilai-nilai karakter yang muncul dalam pembelajaran antara lain sportif, kerjasama, jujur, peduli, bertanggung jawab, pantang menyerah, adil, hormat, tangguh, bersahabat, kompetitif, gigih, saling menghargai, kebersamaan, berdaya tahan dan berempati.

Published
2021-12-25
How to Cite
Suryani, H. (2021). Pemahaman Guru tentang Nilai-Nilai Karakter Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Sekolah Dasar. ASNA: Jurnal Kependidikan Islam Dan Keagamaan, 3(2), 43-59. Retrieved from https://ejournal.maarifnujateng.or.id/index.php/asna/article/view/64