Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru PAI Masa Pandemi Covid-19 di SMK Ma’arif 3 Kudus

  • Siti Fatimah Kusumahati SMK Ma'arif 3 Kudus
Keywords: Kompetensi, Guru PAI, Pandemi Covid-19

Abstract

Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang besar bagi kehidupan manusia termasuk dalam dunia pendidikan. Keadaan memaksa dunia pendidikan melakukan perubahan dari pembelajaran tatap muka, menjadi pembelajaran jarak jauh. Para guru mulai berbondong-bondong menyesuaikan diri dengan kondisi yang ada, termasuk dalam usaha meningkatkan kompetensi pedagogiknya agar dapat mengikuti perkembangan yang telah ditetapkan pemerintah. Oleh karena itu dalam penelitian ini dijelaskan upaya dalam peningkatan kompetensi pedagogik guru PAI masa pandemi Covid-19 yang ada di SMK Ma’arif 3 Kudus. Penelitian dilakukan dengan menggunakan penelitian kualitatif yaitu deskriptif analitif, dengan cara menafsirkan data yang didapat saat penelitian dilakukan yang kemudian mengonfirmasikan kepada guru yang bersangkutan. Dari penelitian yang dilakukan terlihat bahwa guru PAI disana mulai meningkatkan kemampuan dengan cara menggunakan metode dan media pembelajaran yang sesuai dengan kondisi saat ini dan kondisi siswa. Selain itu guru juga berusaha mengikuti berbagai pelatihan peningkatan kompetensi secara online. Meskipun ada beberapa kendala yang dialami, namun guru tetap melaksanakan pembelajaran jarak jauh dengan menjadikan suasana belajar mengajar menjadi menyenangkan bagi siswa

Published
2021-12-25
How to Cite
Kusumahati, S. (2021). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru PAI Masa Pandemi Covid-19 di SMK Ma’arif 3 Kudus. ASNA: Jurnal Kependidikan Islam Dan Keagamaan, 3(2), 1-10. Retrieved from https://ejournal.maarifnujateng.or.id/index.php/asna/article/view/59