Penjasorkes dalam Pembelajaran Tematik Bertema Kesehatan pada Siswa Kelas I dan II SD Negeri 1 Ringinarum

  • Heni Suryani SD N 1 Ringinarum Korwilcam Bidang Pendidikan Kecamatan Ringinarum
Keywords: Pembelajaran Tematik, Kesehatan, Penjasorkes

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk melakukan analisis kepentingan  mengembangkan  pembelajaran tematik bertema kesehatan di SD. Tema kesehatan diperlukan dalam pembelajaran tematik agar mempercepat peningkatan perilaku hidup bersih dan sehat  siswa. Analisis kebutuhan dilakukan mengidentifikasi: profil siswa SD berkaitan dengan PHBS siswa, tema yang dikembangkan guru di pembelajaran tematik  kelas I dan II SD, fasilitas dan lingkungan sekolah dalam mendukung PHBS siswa, kendala penerapan yang dihadapi guru di pembelajaran tematik, dan masalah-masalah kesehatan yang dapat dikembangkan di tema. Sampel  penelitian adalah siswa kelas I dan II SD, guru, kepala sekolah, dan orang tua siswa di SD N 1 Ringinarum. Teknik pengumpulan data adalah: observasi, wawancara dan  mengisi  kuesioner. Dari analisis data diperoleh bahwa PHBS siswa dalam parameter kebersihan pribadi dan kebersihan lingkungan pada aspek tertentu sudah cukup baik (seperti mandi, mencuci tangan,  membuang sampah), tetapi pada aspek lain perlu ditingkatkan. Kepala sekolah, guru  kelas I dan II, dan orang tua siswa sangat setuju menggunakan tema kesehatan dalam pembelajaran tematik untuk memberikan pendidikan kesehatan di SD.

Published
2021-06-30
How to Cite
Suryani, H. (2021). Penjasorkes dalam Pembelajaran Tematik Bertema Kesehatan pada Siswa Kelas I dan II SD Negeri 1 Ringinarum. ASNA: Jurnal Kependidikan Islam Dan Keagamaan, 3(1), 13-26. Retrieved from https://ejournal.maarifnujateng.or.id/index.php/asna/article/view/58