Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru di MI Darussalam Wanutengah, Parakan, Temanggung

  • Eka Mahargiani Rokhma Institut Islam Nahdlatul Ulama (INISNU) Temanggung
  • Ahmat Yuliyanto Institut Islam Nahdlatul Ulama (INISNU) Temanggung
Keywords: Kompetensi Guru Pedagogik, Madrasah Ibtidaiyah.

Abstract

Seorang guru juga dituntut menjadi guru profesional dan berkompeten, baik itu kompetensi personal, sosial maupun kompetensi professional. Serta kompetensi berupa pengetahuan, pemahaman, kemampuan, nilai, sikap dan minat. Sehingga indikator pencapaian tujuan pendidikan berupa peningkatan prestasi belajar siswa bisa terwujud. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan kompetensi guru dalam proses belajar mengajar di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Darussalam Wanutengah, dan untuk mendiskripsikan upaya peningkatan kompetensi guru dalam proses belajar mengajar di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Darussalam Wanutengah. Penelitian ini termasuk dalam penelitian diskriptif kualitatif. Dan dalam perjalanan mengumpulkan data, penulis menggunakan metode observasi, interview, dokumentasi dan angket. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif yaitu berupa penggambaran dengan kata-kata atau kalimat yang di pisah-pisahkan menurut kategori data penelitian guna mendapatkan suatu kesimpulan, gambaran dengan kata-kata atau kalimat dengan cara induktif.Hasil dari penelitian yang dilakukan penulis dapat disampaikan disini, bahwasannya guru Madrasah Ibtidaiyah (MI) Darussalam Wanutengah sudah berkompeten dan profesional dalam bidangnya. Hal ini dapat dilihat dari tingkat pendidikannya berkualifikasi pada pendidikan S-I, sebagai syarat mengajar untuk jenjang MI. Upaya yang dilakukan guru Madrasah Ibtidaiyah (MI) Darussalam Wanutengah untuk meningkatkan kompetensinya diantaranya dengan mengikuti musyawarah guru bidang studi (MGBS). Mengikuti penataran, seminar, diskusi serta memanfaatkan media cetak atau media massa. Adapun upaya kepala sekolah untuk meningkatkan kompetensi guru Madrasah Ibtidaiyah (MI) Darussalam Wanutengah adalah dengan melakukan supervisi (pengawasan), mendukung ide-ide baru dari guru, mengadakan rapat, membahas masalah proses belajar mengajar, mengawasi tugas guru dan mengadakan penilaian terhadap guru.

Published
2021-06-30
How to Cite
Rokhma, E., & Yuliyanto, A. (2021). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru di MI Darussalam Wanutengah, Parakan, Temanggung. ASNA: Jurnal Kependidikan Islam Dan Keagamaan, 3(1), 27-35. Retrieved from https://ejournal.maarifnujateng.or.id/index.php/asna/article/view/57