MEDIA KUIS KAHOOT! DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADIS DI MTS MA’ARIF NU BUARAN PEKALONGAN

  • Mohamad Siroj UIN KH. Abdurrahman Wahid
Keywords: Kahoot, motivasi belajar, hasil belajar, al-Qur'an Hadis

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis efektivitas penggunaan Kahoot sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di kelas IX MTs Ma’arif NU Buaran Pekalongan. Menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus, setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi, kuis berbasis Kahoot, dan analisis dokumen hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Kahoot meningkatkan partisipasi aktif siswa, memotivasi mereka untuk lebih antusias mengikuti pembelajaran, serta memperbaiki hasil belajar. Pada siklus I, nilai rata-rata siswa mencapai 76 dengan ketuntasan belajar 77%, sedangkan pada siklus II, nilai rata-rata meningkat menjadi 92 dengan ketuntasan belajar 93%. Perbaikan dilakukan berdasarkan refleksi siklus I, seperti penggunaan jaringan Wi-Fi sekolah untuk mengatasi kendala teknis. Selain itu, strategi pemberian hadiah meningkatkan antusiasme siswa. Penelitian ini menunjukkan bahwa Kahoot efektif sebagai media pembelajaran interaktif yang dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan bermakna, serta memberikan dampak positif pada motivasi dan hasil belajar siswa.

Published
2024-12-31
How to Cite
Siroj, M. (2024). MEDIA KUIS KAHOOT! DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADIS DI MTS MA’ARIF NU BUARAN PEKALONGAN. ASNA: Jurnal Kependidikan Islam Dan Keagamaan, 6(2), 71-80. Retrieved from https://ejournal.maarifnujateng.or.id/index.php/asna/article/view/512