INTERNALISASI NILAI-NILAI ISLAM WASATHIYAH MELALUI MATA PELAJARAN KE-NU-AN (AHLUSSUNNAH WALJAMAAH) DI LINGKUNGAN LP. MA’ARIF NU PCNU WONOSOBO
Abstract
ABSTRACT
This study aims to describe how the internalization of Islamic Wasatiyah values is carried out through the Ke-NU-an/Aswaja curriculum within the LP Ma’arif NU PCNU Wonosobo environment. Using a descriptive-interpretative approach, this research explores the practice of internalizing Wasatiyah values through the Ke-NU-an/Aswaja subject. The data sources were obtained through literature reviews, interviews, observations, and documentation. The findings indicate that the Ke-NU-an/Aswaja curriculum within the LP Ma’arif NU Wonosobo is based on three core identities: commitment to Aswaja, education that develops students’ social roles, and the spirit of movement with an attachment to tradition. The internalization of these values is realized through habituation activities, symbolism, role modeling, and integration into co-curricular and extracurricular learning to shape students’ characters, fostering strong faith, nationalism, and love for the homeland.
Keywords: LP Ma’arif NU, Islamic Wasathiyah, Aswaja, value internalization, education.
ABSTRAK
Studi ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana internalisasi nilai-nilai Islam wasatiyah melalui mata pelajaran Ke-NU-an/Aswaja di lingkungan LP Ma’arif NU PCNU Wonosobo. Dengan menggunakan pendekatan deskriptif-interpretatif, penelitian ini menggali praktik internalisasi nilai-nilai Islam wasatiyah melalui mata pelajaran Ke-NU-an/Aswaja. Sumber data diperoleh melalui studi pustaka, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Temuan menunjukkan bahwa kurikulum Ke-NU-an/Aswaja di lingkungan LP Ma’arif NU Wonosobo berpijak pada tiga identitas utama: komitmen terhadap Aswaja, pendidikan yang mengembangkan peran sosial peserta didik, dan semangat pergerakan serta keterikatan pada tradisi. Internalisasi nilai-nilai ini diwujudkan melalui kegiatan pembiasaan, simbolisasi, keteladanan, serta integrasi dalam pembelajaran ko-kurikuler dan ekstrakurikuler untuk membentuk karakter peserta didik yang memiliki akidah yang kuat, nasionalis, dan cinta tanah air.
Kata kunci: LP Ma’arif NU, Islam wasathiyah, Aswaja, internalisasi nilai, pendidikan.