Optimalisasi Supervisi Klinis dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru MIN 1 Probolinggo

  • Siti Fatimah MIN 1 Probolinggo
Keywords: Mengoptimalkan Supervisi, Kompetensi pedagogik.

Abstract

Potensi seorang guru sangat menentukan keberhasilan peserta didik dan lembaga pendidikan yang dikembangkan. Untuk bisa mengembangkan dan menjalankan misinya sebagai seorang guru, maka guru tersebut harus mempunyai empat kemampuan yaitu: kemampuan pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional.         Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah apakah optimalisasi supervisi Guru dapat meningkatkan kompetensi pediagogik pada guru MIN 1 Probolinggo. Sedangkan tujuannya Ingin mengetahui apakah optimalisasi supervisi   dapat meningkatkan kompetensi pediagogik guru MIN 1 Probolinggo. Penelitian ini dalam melakukan perencaan supervisi,   meliputi: (1) program supervisi, (2) pelaksanaan supervisi, (3) prinsip-prinsip supervisi, (4) teknik supervisi, (5) cara supervisi, (6) sasaran supervisi, (7) prototipe guru (8) perilaku supervisor, dan (9) semangat kerja guru. Sedangkan perolehan datanya   dilakukan dengan 4 teknik, yaitu: Observasi lansung, angket, diskusi antara guru dengan Supervisor, dokumentasi, digunakan untuk mengumpulkan data dari sumber data non insani yakni dari dokumen dan hasil rekaman. Simpulan dari penelitian ini bahwa kompetensi yang dimiliki guru MIN 1 Probolinggo mengalami peningkatan dari 20 guru khusus dalam kompetensi pedagogik diperoleh data sebagai berikut: 14 guru atau 70% memiliki kompetensi pedagogik tinggi, 4 guru atau 20% memiliki kompetensi pedagogik sedang dan 2 guru atau 10% memiliki kompetensi pedagogik rendah.

Published
2020-12-13
How to Cite
Fatimah, S. (2020). Optimalisasi Supervisi Klinis dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru MIN 1 Probolinggo. ASNA: Jurnal Kependidikan Islam Dan Keagamaan, 2(2), 86-100. Retrieved from https://ejournal.maarifnujateng.or.id/index.php/asna/article/view/50