Membangun Karakter Kewirausahaan Melalui Studentpreneurship Era Revolusi Industri 4.0 (Studi Lapangan pada SMP Islam Ngadirejo Temanggung)

  • Zaidatul Arifah STAINU Temanggung
  • Siwi Nurhayati SMP Islam Ngadirejo
Keywords: Studentpreneurship, karakter kewirausahaan.

Abstract

Latarbelakang masalah penelitian ini adalah era revolusi industri menuntut manusia untuk bekerjasama dengan sistem siberfisik di segala bidang, tidak terkecuali bidang kewirausahaan. Namun pada kenyataannya kurangnya skill, minat dan karakter peserta didik dapat menjadi hambatan dalam bidang kewirausahaan. Untuk itu perlu adanya penelitian mendalam mengenai studentpreneurship untuk membangun karakter kewirausahaan dalam menghadapi era revolusi industri 4.0. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pelaksanaan program studentpreneurship di SMP Islam Ngadirejo dan (2) mengetahui peran studentpreneurship dalam membangun karakter kewirausahaan era revolusi industri 4.0. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif melalui  pendekatan fenomenologi dengan cara studi lapangan. Data diambil dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan studentpreneurship terlaksana dengan baik dan memberikan dampak positif dalam membangun karakter kewirausahaan peserta didik. Peran studentpreneurship dalam membangun karakter kewirausahaan era revolusi industri 4.0 adalah menumbuhkan karakter kewirausahaan seperti rasa percaya diri dan bertanggung jawab  pada peserta didik. Selain itu, meningkatkan kemandirian dalam mengatur keuangan dan menumbuhkan kreatifitas dalam berwirausaha dengan cara memikirkan apa yang akan dijual sesuai minat konsumen. Studentpreneurship juga dapat memunculkan dan keberanian dalam  mengelola bisnis yang  mengarah pada jiwa kepemimpinan. Studentpreneurship di era revolusi industri 4.0 diarahkan pada kewirausahaan dengan pendekatan kontekstual  yakni penggunaan teknologi sebagai alat berinovasi dan  memasarkan produk/jasa.

Published
2020-12-13
How to Cite
Arifah, Z., & Nurhayati, S. (2020). Membangun Karakter Kewirausahaan Melalui Studentpreneurship Era Revolusi Industri 4.0 (Studi Lapangan pada SMP Islam Ngadirejo Temanggung). ASNA: Jurnal Kependidikan Islam Dan Keagamaan, 2(2), 28-36. Retrieved from https://ejournal.maarifnujateng.or.id/index.php/asna/article/view/45