Learning Management System (Lms) Berbasis Android Era Revolusi Industri 4.0 Penunjang Creative Thinking Skill Mathematics Siswa

  • Mustofa Arifin MA Negeri Purbalingga
Keywords: : learning management system, kemampuan berpikir kreatif, matematis

Abstract

Ujian Nasional berbasis komputer telah dilaksanakan di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Hal tersebut sesuai dengan era dimulainya revolusi industri 4.0 dimana teknologi digunakan dalam pembelajaran dan penilaian hasil belajar siswa. Sejalan dengan hal tersebut, kecakapan abad  21 menekankan kemampuan 4C meliputi: (1) Communication, (2) Collaboration, (3) Critical thinking and problem solving, dan (4) Creative and Innovative. Permasalahan nilai ujian nasional matematika yang rendah dari tahun 2016 sampai dengan 2019 pada siswa madrasah merupakan dampak ketidaksiapan siswa terhadap soal tipe HOTS dan era revolusi industri 4.0, secara tidak langsung hal tersebut mengindikasikan rendahnya kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa sangat penting dimiliki siswa agar dalam pemecahan masalah terutama soal-soal matematika dapat terselesaikan dengan baik. Salah satu penunjang kemampuan tersebut yaitu dengan Learning Management System (LMS) berbasis Android. LMS yang digunakan disusun dengan exe-learning dan build phonegap.  Media LMS dan model pembelajaran PBL merupakan salah satu bentuk upaya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis sehingga diharapkan seiring berkembangnya kemampuan berpikir kreatif matematis diharapkan hasil belajar siswa dapat meningkat.

Published
2020-12-13
How to Cite
Arifin, M. (2020). Learning Management System (Lms) Berbasis Android Era Revolusi Industri 4.0 Penunjang Creative Thinking Skill Mathematics Siswa. ASNA: Jurnal Kependidikan Islam Dan Keagamaan, 2(2), 12-27. Retrieved from https://ejournal.maarifnujateng.or.id/index.php/asna/article/view/44